Assalamualaikum

BELAJARLAH!!

Kamis, 29 Maret 2012

RPP Akidah Akhlak Kelas V


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Madrasah                      : MI Miftahul Ulum
Mata Pelajaran                        : Aqidah Akhlaq
Kelas/Semester                        : 5/I
Alokasi Waktu                        : 4 x 35 menit
Standar Kompetensi               : Memahami  kalimah  thayyibah Alhamdulillah dan Allahu Akbar.
Kompetensi Dasar                   : Mengenal   Allah    melalui    kalimah   thayyibah Alhamdulillah dan Allahu Akbar.

I.         Indikator                         
Akademik
1.         Siswa dapat menjelaskan pengertian asmaul husna.
2.         Siswa  dapat menyebutkan jumlah asmaul husna.
3.         Siswa dapat menjelaskan Hikmah peristiwa 10 November 1945
Karakter
4.         Siswa  dapat melafalkan kalimah thayyibah Alhamdulillah dan Allahu Akbar dengan benar secara berani
5.         Siswa dapat mengartikan kalimah thayyibah Alhamdulillah dan Allahu Akbar dengan tanggung jawab.
6.         Siswa dapat menggunakan  kalimah   thayyibah   Alhamdulillah dan Allahu Akbar dalam keadaan tertentu

II.            Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran siswa diharapkan :
Akademik
1.         Siswa dapat menjelaskan pengertian asmaul husna.
2.         Siswa  dapat menyebutkan jumlah asmaul husna.
3.         Siswa dapat menjelaskan Hikmah peristiwa 10 November 1945
Karakter
4.         Siswa  dapat melafalkan kalimah thayyibah Alhamdulillah dan Allahu Akbar dengan benar secara berani
5.         Siswa dapat mengartikan kalimah thayyibah Alhamdulillah dan Allahu Akbar dengan tanggung jawab.
6.         Siswa dapat menggunakan  kalimah   thayyibah   Alhamdulillah dan Allahu Akbar dalam keadaan tertentu

III.            Materi Ajar
Kalimat thayyibah Alhamdulillah dibaca ketika kita mendapatkan rizki dari Allah. dan Allahu Akbar dibaca ketika kita kagum melihat sesuatu atau sebagai penyemangat. Orang yang membaca takbir maka akan muncul rasa optimis. Pujian dibagi menjadi 4 antara lain:
a. Pujian Allah kepada dirinya sendiri,
b. Pujian Allah kepada makhluk-Nya,
c. Pujian Makhluk kepada Allah,
d. Pujian makhluk kepada sesama makhluk.
Syukur ada 3 macam antara lain:
a.       Syukur dalam hati
b.      Syukur melalui lisan
c.       Syuur dengan perbuatan

IV.            Metode belajar
Demonstrasi, hafalan, dan resitasi.


V.            Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
a.         Kegiatan Awal
1.      Guru  memberi  salam   dan   memulai   pelajaran     dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.         Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
3.       Guru    menjelaskan  secara   singkat    langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.         Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
1.      Eksplorasi
a.          Siswa membaca literatur tentang Kalimat Thayyibah Al-hamdalah secara singkat.
b.         Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah Al-hamdalah meliputi artinya, kapan membaca dianjurkan membaca kalimat hamdalah. ( Berani menyampaikan pendapat )
2.      Elaborasi
a.             Siswa berdiskusi tentang   arti kalimah thayyibah.( kerjasama )
b.            Siswa mengartikan secara mandiri kalimah thayyibah. ( Tanggung Jawab )
c.             Para  Siswa melafalkan  beberapa doa yang diawali dengan kalimat tahmid.
3.      Konfirmasi
a.             Guru melafalkan beberapa bacaan kalimah   thayyibah  yang disebutkan siswa.
b.     . Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa. ( berani menyampaikan pendapat )
c.             Guru  bersama siswa membaca beberapa doa yang diawali dengan kalimat tahmid.
c.     Kegiatan Penutup
1.         Peserta didik secara klasikal melafalkan beberapa bacaan kalimah   thayyibah   Alhamdulillah.
2.         Guru memberikan tugas membaca materi tentang kalimat thayyibah takbir
3.         Guru  menutup/mengakhiri   pelajaran       dengan     bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama.

Pertemuan ke-2
a.         Kegiatan Awal
1.     Guru  memberi  salam   dan   memulai   pelajaran     dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.         Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
b.         Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
1.         Eksplorasi
a.          Siswa membaca literatur tentang Kalimat Thayyibah Takbir  secara singkat.
b.         Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah Takbir meliputi artinya, kapan membaca dianjurkan membaca kalimat Takbir ( Berani menyampaikan pendapat )
2.      Elaborasi
a.          Siswa berdiskusi tentang   arti kalimah thayyibah.( kerjasama )
b.         Siswa mengartikan secara mandiri kalimah thayyibah. ( Tanggung Jawab )
c.          Siswa bercerita kisah perang pahlawan 10 November  1945 di Surabaya.
3.      Konfirmasi
a.          Guru melafalkan beberapa bacaan kalimah   thayyibah  yang disebutkan siswa.
b.        Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa. ( berani menyampaikan pendapat )
c.          Guru  besama siswa menyimpulkan hikmah peristawa 10 November 1945.
c.     Kegiatan Penutup
1.      Peserta didik secara klasikal melafalkan beberapa bacaan kalimah   thayyibah   Allahu Akbar.
2.      Guru  menutup/mengakhiri   pelajaran       dengan     bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama.
VI.            Sumber Belajar
a.          H.M.As’ad Bashori, tahun 2009, Aqidah Akhlaq, kelas V terbitan CV Media Ilmu.
b.         LKS At-Tanwir
c.          Tulisan doa bangun tidur

VII.            Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Jenis Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
·            Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan pengertian asmaul husna.
·            Peserta didik diharapkan dapat menyebutkan jumlah asmaul husna.
·            Menjelaskan Hikmah peristiwa 10 November 1945
§ Tes


§ Tes

§ Tes
§ Tes tertulis


§ Tes tertulis

§ Tes tertulis
§ Terlampir


§ Terlampir

§ Terlampir

·           Siswa  dapat melafalkan kalimah thayyibah Alhamdulillah dan Allahu Akbar dengan benar secara berani
·           Siswa dapat mengartikan kalimah thayyibah Alhamdulillah dan Allahu Akbar dengan tanggung jawab.
§ Non Tes



§ Non Tes

§ Rubrik



§ Rubrik
§ Terlampir



§ Terlampir

·            Siswa dapat menggunakan  kalimah   thayyibah   Alham dulillah dan Allahu Akbar dalam keadaan tertentu
§ Non Tes
§ Rubrik
§ Terlampir
§  
  

      Kepala Madrasah
      MIFTAHUL ULUM




      M. Hasan Humaidi
      NIP. -
     

Guru Mata Pelajaran
Akidah  Akhlak




Mashudi Munif, S.PdI
-