Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP)
Nama Madrasah : MI Miftahul Ulum
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlaq
Kelas/Semester :
5/I
Alokasi Waktu :
4 x 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami
kalimah thayyibah Alhamdulillah
dan Allahu Akbar.
Kompetensi Dasar : Mengenal Allah
melalui kalimah thayyibah Alhamdulillah dan Allahu Akbar.
I.
Indikator
Akademik
1.
Siswa dapat menjelaskan pengertian asmaul husna.
2.
Siswa dapat
menyebutkan jumlah asmaul husna.
3.
Siswa dapat menjelaskan Hikmah peristiwa 10 November 1945
Karakter
4.
Siswa dapat
melafalkan kalimah thayyibah Alhamdulillah dan Allahu Akbar dengan benar secara
berani
5.
Siswa dapat mengartikan kalimah thayyibah Alhamdulillah
dan Allahu Akbar dengan tanggung jawab.
6.
Siswa dapat menggunakan
kalimah thayyibah Alhamdulillah dan Allahu Akbar dalam keadaan
tertentu
II.
Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran siswa diharapkan :
Akademik
1.
Siswa dapat menjelaskan pengertian asmaul husna.
2.
Siswa dapat
menyebutkan jumlah asmaul husna.
3.
Siswa dapat menjelaskan Hikmah peristiwa 10 November 1945
Karakter
4.
Siswa dapat
melafalkan kalimah thayyibah Alhamdulillah dan Allahu Akbar dengan benar secara
berani
5.
Siswa dapat mengartikan kalimah thayyibah Alhamdulillah
dan Allahu Akbar dengan tanggung jawab.
6.
Siswa dapat menggunakan
kalimah thayyibah Alhamdulillah dan Allahu Akbar dalam keadaan
tertentu
III.
Materi Ajar
Kalimat thayyibah Alhamdulillah dibaca ketika kita mendapatkan rizki dari
Allah. dan Allahu Akbar dibaca ketika kita kagum melihat sesuatu atau sebagai
penyemangat. Orang yang membaca takbir maka akan muncul rasa optimis. Pujian dibagi
menjadi 4 antara lain:
a. Pujian Allah kepada dirinya sendiri,
a. Pujian Allah kepada dirinya sendiri,
b. Pujian Allah kepada makhluk-Nya,
c. Pujian Makhluk kepada Allah,
d. Pujian makhluk kepada sesama makhluk.
Syukur ada 3 macam antara lain:
a.
Syukur dalam hati
b.
Syukur melalui lisan
c.
Syuur dengan perbuatan
IV.
Metode belajar
Demonstrasi, hafalan, dan resitasi.
V.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
a.
Kegiatan Awal
1. Guru memberi salam
dan memulai pelajaran
dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan
kompetensi dasarnya.
3. Guru menjelaskan secara
singkat langkah-langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan peserta didik
melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
1.
Eksplorasi
a.
Siswa membaca literatur tentang Kalimat Thayyibah Al-hamdalah secara singkat.
b.
Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah Al-hamdalah meliputi artinya, kapan membaca dianjurkan membaca
kalimat hamdalah. ( Berani menyampaikan
pendapat )
2. Elaborasi
a.
Siswa berdiskusi tentang
arti kalimah thayyibah.( kerjasama )
b.
Siswa mengartikan secara mandiri kalimah thayyibah. ( Tanggung Jawab )
c.
Para Siswa
melafalkan beberapa doa yang diawali
dengan kalimat tahmid.
3. Konfirmasi
a.
Guru melafalkan beberapa bacaan kalimah
thayyibah yang disebutkan siswa.
b. . Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa. ( berani menyampaikan pendapat
)
c.
Guru bersama siswa membaca beberapa
doa yang diawali dengan kalimat tahmid.
c. Kegiatan Penutup
1.
Peserta didik secara klasikal melafalkan beberapa bacaan
kalimah thayyibah Alhamdulillah.
2.
Guru memberikan tugas membaca materi tentang kalimat
thayyibah takbir
3.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama.
Pertemuan ke-2
a.
Kegiatan Awal
1. Guru memberi salam
dan memulai pelajaran
dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
2.
Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan
kompetensi dasarnya.
b.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan peserta didik
melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
1.
Eksplorasi
a.
Siswa membaca literatur tentang Kalimat Thayyibah Takbir
secara singkat.
b.
Bertanya jawab tentang Kalimat Thayyibah Takbir meliputi artinya, kapan membaca dianjurkan
membaca kalimat Takbir ( Berani menyampaikan pendapat )
2. Elaborasi
a.
Siswa berdiskusi tentang
arti kalimah thayyibah.( kerjasama )
b.
Siswa mengartikan secara mandiri kalimah thayyibah. ( Tanggung
Jawab )
c.
Siswa bercerita kisah perang pahlawan 10 November 1945 di Surabaya.
3. Konfirmasi
a.
Guru melafalkan beberapa bacaan kalimah
thayyibah yang disebutkan siswa.
b. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa. ( berani menyampaikan pendapat
)
c.
Guru besama siswa menyimpulkan
hikmah peristawa 10 November 1945.
c. Kegiatan Penutup
1.
Peserta didik secara klasikal melafalkan beberapa bacaan
kalimah thayyibah Allahu
Akbar.
2.
Guru
menutup/mengakhiri
pelajaran dengan
bacaan hamdalah dan berdoa bersama-sama.
VI.
Sumber Belajar
a.
H.M.As’ad Bashori, tahun 2009, Aqidah Akhlaq, kelas V terbitan CV Media Ilmu.
b.
LKS At-Tanwir
c.
Tulisan doa bangun tidur
VII.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
·
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan pengertian asmaul husna.
·
Peserta didik diharapkan dapat menyebutkan jumlah asmaul husna.
·
Menjelaskan Hikmah peristiwa 10 November 1945
|
§ Tes
§ Tes
§ Tes
|
§ Tes tertulis
§ Tes tertulis
§ Tes tertulis
|
§ Terlampir
§ Terlampir
§ Terlampir
|
·
Siswa dapat melafalkan kalimah
thayyibah Alhamdulillah dan Allahu Akbar dengan benar secara berani
·
Siswa dapat mengartikan kalimah thayyibah Alhamdulillah dan Allahu Akbar
dengan tanggung jawab.
|
§ Non Tes
§ Non Tes
|
§ Rubrik
§ Rubrik
|
§ Terlampir
§ Terlampir
|
·
Siswa dapat menggunakan
kalimah thayyibah Alham dulillah dan Allahu Akbar dalam
keadaan tertentu
|
§ Non Tes
|
§ Rubrik
|
§ Terlampir
§
|
Kepala Madrasah
MIFTAHUL ULUM
M.
Hasan Humaidi
NIP.
-
|
|
Guru
Mata Pelajaran
Akidah Akhlak
Mashudi
Munif, S.PdI
-
|